Sunday, January 13, 2013

Gitar ....


tentang gitar..

Belajar gitar lagi... yupz belajar gitar memang menyenangkan, karena gitar banyak banget pengaplikasiannya dalam musik. Lagi pula, gitar bisa dimainkan meski tanpa alat musik lain. Bisa buat genjreng sambil nyanyi sama temen temen, atau sekadar ngilangin suntuk saja.

Nah buat yang baru belajar gitar, atau yang belum bisa main gitar dan ingin belajar, kali ini saya ingin berbagi tentang tips belajar gitar secara otodidak( tanpa guru ).

Yap.. gitar merupakan salah satu alat musik yang paling fleksibel, karena bisa dipelajari meski tanpa kursus sekalipun.

Sebetulnya, untuk belajar alat musik kita harus melalui dua tahap, yaitu pengenalan nada dan partitur, serta praktek secara tekniknya. Nah, dengan belajar secara otodidak, kita melewati tahap pengenalan partiturnya. Sehingga langsung kita praktek secara langsung dengan alat musik.

Belajar secara otodidak, nyatanya lebih mudah. Bahkan, orang yang akan mempelajari teori dengan kursuspun sebaiknya sudah bisa menguasai teknik secara praktikal.
Oke berikut ini tipsnya..


Tips Belajar Gitar Secara Otodidak


Mengenal Jenis Musik
Ini sangat essensial, karena lebih baik mengenal terlebih dahulu jenis musiknya. Usahakan lagu-lagu balad, baik rock balad,pop, atau alternatif balad. Kenapa balad? Karena dlm jenis musik ini instrumen gitar sering digunakan.

Mempunyai Gitar
Walaupun ga wajib juga sih.. tp lebih bagusnya punya. Trus pilih juga jenis gitarnya, bisa elektrik atau akustik. Tp lebih baik untuk permulaan pilih akustik dan senar nylon untuk mempermudah proses adaptasi jari.

Mengenal Chord
Ini yang ga kalah penting, tanpa chord berarti ga bakal bisa main gitar. Pelajari dulu chord dasar, seperti Am, Em,D,E, F, dsb.. baru setelah lancar pelajari jenis chord lain yang lebih kompleks.
Tips juga, pelajarilah chord-chord lagu yang kita suka. Karena dengan kita suka lagunya maka akan lebih mudah untuk mengertinya, dan pastinya lebih fokus dan cepat bisa.

Ngulik
Ngulik? yupz.. Belajar mencari chord/kunci lagu sendiri sambil mendengarkan kaset ato CD. Berfungsi untuk melatih kepekaan /sense. Tapi pastikan temen-temen udah pahan dan tahu chord secara dasar.

Mencari Tandem
Kalo udah bisa dengan tahap-tahap tadi, sekarang giliran untuk upgrade kemampuan. Cari orang-orang yang temen-temen anggap jago maen gitar atau paling ga, bisa main gitar. Karena sharing/berbagi pengetahuan bikin kita tahu lebih banyak lagi yang belum kita tahu.
Tekun
Yang terakhir tekun, jangan pernah putus asa dan menyerah. Ingat musisi besar seperti Melly goeslaw dan Paul McCartney pun belajar musik secara otodidak. Dan ingat juga kalo Steve Vai ( salah satu solo guitarist top dunia) pernah bilang:" untuk bisa bermain gitar sangat cepat, kamu harus memulai dengan sangat lambat"




ok...good luck..
jenis-jenis gitar :

 Gibson accoustic J 200

 Ibanez S 470

 Ibanez RG 570

 Ibanez Jemm 55 BK

 Gibsson Lass paul classic

 Fender jazz master

 Ibanez Artis

 Gibson ES 175

 Fender Stratocaster
 Gibson Invander
 Fender Jaguar
 Gibson Explorer
 Fender Jangstang
 Gibson EDS 1275
 Gibson fliying V

No comments:

Post a Comment