Sunday, December 30, 2012

Makanan Penyumbang Protein bagi Vegetarian

Makanan Penyumbang Protein bagi VegetarianPROTEIN merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Sumber protein yang paling banyak dikenal adalah dari mengonsumsi daging. Namun, bagi para vegetarian hal tersebut merupakan sebuah kesulitan. Lantas, bagaimana cara mencukupi protein bagi mereka yang tidak menyukai daging? Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mengandung protein cukup.

1. Kedelai. Kacang-kacangan yang satu ini memiliki protein yang melimpah. Bukan hanya rendah protein, kedelai juga mengandung rendah lemak dan koleterol. Untuk memenuhi protein, Anda juga bisa mengonsumsi makanan plahan berbahan dasar kedelai, seperti tahu, tempe, dan juga susu kedelai. Diketahui, kandungan protein dalam 100 gram kedelai, yakni 34,9 gram.

2. Kenari. Mengandung protein sekaligus asam lemak dan juga serat. Dalam 100 gram kenari, terdapat 15,23 gram protein. Anda bisa mengonsumsi jenis kacang ini dalam camilan atau taburan semangkuk salad.

3. Gandum. Salah satu biji-bijian yang sering menjadi teman saat sarapan. Gandum memiliki protein, serat, dan juga seng. Satu porsi gandum mengandung 21,72 gram protein.

4. Terung. Sayuran yang satu ini bisa loh menjadi pengganti daging. Karena, selain protein di dalamnya, terung juga mengandung serat, vitamin B, vitamin C, dan kalium. Dalam 100 gram terung, mengandung 13,62 gram protein.

5. Jamur. Tanaman yang imut-imut ini mengandung protein sedikitnya 5,94 gram dalam setiap porsi. Meskipun jumlahnya lebih sedikit dari jenis sumber protein lainnya, jamur merupakan salah satu bahan makanan yang menyehatkan. Setiap 100 gram jamur segar mengandung 45,65 kalori, 8,9 mg, kalsium, 1,9 mg besi, 17,0 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B-1, 0,75 mg vitamin B-2, dan 12,40 mg Vitamin C.

6. Buah. Buah-buahan segar yang mengandung berbagai nutrisi, salah satunya protein. Setidaknya, buah bisa memberikan 120 gram protein pada Anda para vegetarian. (Healthmeup, Iptek.net/*/OL-06)

No comments:

Post a Comment