Tuesday, August 14, 2012

Perlengkapan Pendakian Gunung

Perlengkapan adalah hal yang penting dalam setiap perjalanan, ini akan memudahkan segala sesuatunya di gunung.
Terkadang kita sering melihat seorang membawa sedikit sekali perlengkapan hanya untuk dinilai orang bahwa orang tersebut cukup “gila” dan “berani”.
Kawan! Bukan “gila” atau “berani” yang di cari dalam setiap perjalanan gunung tapi pengalaman dan pelajaran hidup, percuma kalau nanti kamu mati di sana atau tersesat atau sengsara, sampai sakit parah.
Makanya jangan sepelekan perlengkapan. Dalam perlengkapan kita bisa cari sesuai kriteria di bawah :

  1. Pilih perlengkapan yang sesuai dengan medan gunung.
  2. Pilih perlengkapan yang punya banyak fungsi.
  3. Dijaga kebersihannya (dibungkus).
  4. Pilih perlengkapan yang seringan-ringannya.
Daftar perlengkapan dan kegunaannya :
  1. Sepatu hiking; lihat tapaknya dan cari yang kuat, sepatu hiking akan melindungi kamu dari gesekan batu yang lancip dan tidak mudah terpeleset. Kalau bisa cari yang juga melindungi mata kaki, dan bagusnya sepatu itu tidak kaku dan nggak terlalu lentur juga.
  2. Kaos kaki; lebih baik bawa dua pasang. Satu buat jalan hiking, tidak perlu tebal, yang penting melindungi kaki biar tidak lecet. dan satu lagi yang tebal untuk tidur, karena dingin biasanya menyerang bagian yang sensitif seperti telapak tangan, telapak kaki.
  3. Celana lapangan; cepat kering, tidak berat kalau kena air, dicelana lapangan ada banyak kantong yang bisa kamu pakai buat simpan apa saja yang di butuhkan dalam perjalanan ( Jangan Jeans !)
  4. Baju lapangan; model baju lapangan adalah mudah menyera keringat dan tidak serapp panas, baju ini bagus buat kamu kalau pas jalan hiking.
  5. Ikat pinggang; buat taruh veples atau apa saja.
  6. Ransel; cari ransel (carrier) yang pas ukurannya (80L, 90L, 100L, 120L) buat kamu dan bisa masuk semua perlengkapan kamu. Untuk mengecek ransel itu bagus atau tidak ada beberapa tips seperti : Bahannya tahan api, penyangga bebannya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, tidak terlalu lebar pula.
  7. Jaket; supaya tidak kedinginan.
  8. Topi lapangan; melindungi kepala dari sinar matahari dan ranting pohon.
  9. Sarung tangan; melindungi tangan kamu dari sengatan dingin pertama.
  10. Ponco/ raincoat; supaya tidak kehujanan. Untuk ponco, bisa di gunakan sebagai bivak ( tenda sementara )
  11. Nesting; tempat masak, terdiri dari tiga panci susun.
  12. Veples; botol minum, ada cangkirnya dan bisa untuk masak juga.
  13. Kupluk; sarung kepala supaya tidak dingin dan melindungi kamu dari ular tanah yang kecil yang biasanya mencari lobang lobang buat berlindung seperti lobang hidung dan lobang telinga.
  14. Sleeping bag; kantung tidur, Supaya dapat tidur nyaman tanpa gemeteran.
  15. Tenda (pramuka, doom, terpal, ponco); buat rumah kedua kamu selama di gunung., Cari tenda yang kuat, yang tidak tembus air dan angin.
  16. Matras; alas tidur, melindungi kamu dari lembabnya tanah.
  17. Kompor; untuk masak, cari yang ukurannya yang kecil. Macam kompor seperti: kompor gas portable, kompor spiritus padat, kompor lapangan ( KPL)
  18. Pisau/ parang; untuk potong-potong.
  19. Lentera; untuk penerangan.
  20. Makanan; usahakan bawa makanan yang serba instan dan penuh kalori dan karbohidrat supaya mengembalikan tenaga yang telah banyak terpakai.
  21. Senter; sangat membantu kalau sudah malam. Sebaiknya yang kedap air karena cuaca tidak bisa ditebak. Jangan lupa bawa cadangan bola lampu dan baterainya.
  22. Alat makan; bawa alat makan dari bahan yang tidak mudah pecah, tapi sebenarnya nessting dan veples sudah menggantikan piring dan gelas, kecuali sendok.
  23. Alat mandi; ke gunung bukan berarti bebas dari membersikan diri, bawa sabun kecil, sikat gigi, handuk, dll.

No comments:

Post a Comment