Wednesday, October 10, 2012

Bukit Salero Yang Menunjuk Langit

Bukit Serelo yang oleh masyarakat setempat di beri nama Bukit Tunjuk di wilayah Seganti Setungguan Kabupaten Lahat memang pantas menjadi salah satu kebanggaan karena pemandangan alamnya sungguh memesonakan bagi pendaki atau pengunjungnya.


www.belantaraindonesia.org

Bukan sekedar bentuknya yang unik tetapi pesona perbukitan di sekitarnya juga turut mendukung keindahannya. Serta kelok Sungai Lematang yang menjadi urat nadi beberapa masyarakat Kabupaten Lahat ini.

Memang bukan perkara mudah untuk sekedar mencicipi indahnya panorama dari atas bukit batu ini. Selain jalurnya yang memang terjal juga posisi jalan pendakian hampir 75 derajat serta licinnya jalan. Disamping itu Bukit Serelo ini adalah bukit batu yang hanya di tumbuhi oleh tumbuhan semak sejenis ilalang.

www.belantaraindonesia.org

Setelah kita tiba di lereng di kanan kiri hanya terdapat belukar dan beberapa pohon Puspa. Yang merimbun di antara celah bebatuan. Dapat dibayangkan jika kita sampai terpeleset dan jatuh. Batu – batuan tajam akan menyambut tubuh Anda tentunya.

Ada beberapa tempat untuk para pendaki yang hendak mendirikan tenda untuk menginap. Yaitu di Ngarai daerah kebun kopi milik penduduk. Sekitar setengah jam sebelum ke bukit.

Di atas bukit terdapat tanah datar berukuran kira - kira 2,5 m X 3 m. Tepatnya di lekukan sebelum sampai di puncaknya. Memang dari atas kita dapat menyaksikan panorama pemandangan kota tetangga yaitu Muara Enim dan Tanjung Enim.

www.belantaraindonesia.org

Berhati – hati jika Anda ingin mendirikan tenda di atas bukit. Selain hawa yang dingin kekuatan angin di atas bukit mampu menerbangkan tenda. Jadi di anjurkan untuk melihat cuaca sebelum mendirikan tenda di atas bukit.

Dari Puncak Bukit Serelo lampu – lampu rumah penduduk terlihat seperti gugusan Bintang. Selain itu jangan lewatkan Matahari Pagi atau sunrise. Biasanya pendaki tidak akan melewatkan detik - detik Matahari pagi ini. Di sinilah saat yang paling di nanti oleh para pendaki , yaitu antara jam 05.00 hingga jam 08.00 Wib.

www.belantaraindonesia.org

Sebagai tambahan, Bukit Serelo tidak berdiri sendiri, di sekelilingnya juga terdapat beberapa bukit yang indah dilihat seperti Bukit Tikus, Bukit Perawan, Bukit Kelingking ( oleh masyarakat setempat di sebut anak Bukit Serelo ). Dari atas bukit - bukit tersebut selain kita disuguhkan pemandangan daerah perbukitan sekitar, kita juga dapat menyaksikan keindahan Sungai Lematang membelah Kabupaten Lahat.

Tambahan: Sebuah bukit di daerah Lahat yang jika diperhatikan seksama seperti menunjuk ke langit. Namanya Bukit Serelo atau biasa disebut Bukit Jempol atau Telunjuk oleh penduduk sekitar. Mungkin bukit ini mau mengingatkan manusia bahwa masih ada Kuasa yang lebih tinggi dari kita semua.

No comments:

Post a Comment