Wednesday, October 10, 2012

Megahnya Istana Dewi Anjani

Megahnya istana Dewi Anjani di Puncak Gunung Rinjani memang tak akan terbantahkan. Panorama di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang berada di Lombok Nusa Tenggara Barat begitu memanjakan mata, hati dan jiwa, sehingga semua itu sulit di ungkapkan lewat kata, tetapi butuh semangat untuk menggapai istana Dewi Anjani di puncak Rinjani.


www.belantaraindonesia.org

Niat yang kuat adalah modal utama untuk mendaki Gunung Rinjani. Perjalanan selama lima hari akan terasa sangat melelahkan. Tetapi jangan menyerah, sebab selama perjalanan, pemandangan yang indah membuat kita tetap bersemangat dan pantang menyerah dalam pendakian.

Memang, walaupun rintangannya sulit, tetapi Gunung Rinjani memberikan banyak pemandangan - pemandangan yang akan membuat Anda takjub.

Saat mencapai puncak Gunung Rinjani, semoga kita tak akan henti mengucapkan syukur. Kekaguman kepada Sang Pencipta pun makin bertambah, karena pemandangan di Puncak Gunung Rinjani sungguh indah. Perjalanan yang melelahkan seakan tidak ada artinya. Akhirnya, kita bisa mencapai puncak gunung berapi istana Dewi Anjani tersebut.

www.belantaraindonesia.org

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yang menjadi pilihan tepat untuk melepas penat bagi para pendaki. Ya, karena panoramanya menyajikan pesona yang luar biasa, seolah mencapai keindahan surga dunia.

Gunung Rinjani menjadi tujuan utama para pendaki yang wajib digapai. Rinjani adalah sebuah gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl, yang dalam cerita masyarakat Pulau Lombok, disebut sebagai pesanggrahan Dewi Anjani.

Dewi Anjani diyakini menjadi pelindung Gunung Rinjani. Konon Dewi Anjani merupakan keturunan langsung Raja Selaparang dengan makhluk halus yang mendiami Rinjani. Penikahan ini pun diyakini untuk membebaskan Kerajaan Selaparang dari kekeringan.

www.belantaraindonesia.org

Oleh karena itu, sampai saat ini masyarakat Suku Sasak dan Hindu Dharma di Pulau Lombok, melakukan ritual Mulang Pekelem yaitu memohon hujan kepada Dewi Anjani. Mereka juga mempercayai kalau puncak Rinjani menjadi istana Dewi Anjani yang tak dapat disentuh oleh makhluk lain.

Sampai saat ini, keberadaan Dewi Anjani di Rinjani dipercaya selalu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat yang hidup di sekitarnya. Walaupun membutuhkan perjuangan untuk mencapai puncak Rinjani, semua akan terbalas setelah melihat alamnya. Meskipun, menurut penduduk Lombok, puncak Rinjani yang berhasil dicapai oleh pendaki hanyalah puncak semu. Ya, karena puncak Rinjani yang sesungguhnya tidak dapat disentuh oleh siapapun.


Pendakian di Gunung Rinjani memang dikenal memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Namun, ketika sampai di puncak, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan padang savana yang sangat indah. Belum lagi Danau Kawah Segara Anak yang memancarkan pesonanya. Benar - benar pemandangan yang sempurna!

Gunung Rinjani, tak terbatas ruang untuk mengagumi pesonanya. Jangan pernah lewatkan, untuk mencapai puncak Rinjani! Silakan mendaki Gunung Rinjani dan ada banyak pengalaman - pengalaman berharga yang akan Anda dapatkan.

No comments:

Post a Comment