Wednesday, October 10, 2012

Senja Menawan Di Plawangan Sewu

Rinjani, salah satu gunung tinggi di Indonesia yang terletak di Lombok Nusa Tenggara Barat adalah salah satu destinasi pendakian gunung yang banyak diminati bagi para pendaki. Banyak ulasan tentang Rinjani, dan kini terfokus pada saat Anda sudah puas menikmati indah dan megahnya alam di Danau Segara Anak.


www.belantaraindonesia.org

Ada satu spot lagi yang wajib dilewati, yakni Plawangan Senaru. Tempat ini berada lebih tinggi dari danau dan layaknya Plawangan Sembalun. Plawangan Senaru juga sebagai gerbang untuk menuju danau bagi mereka yang memulai pendakian dari Desa Senaru di Lombok Utara.

Rute untuk mencapai Plawangan Senaru tidak bisa dibilang mudah. Setelah menyusuri jalan di tepian danau, tanjakan akan langsung menghadang. Setidaknya diperlukan waktu 3 jam untuk mencapai Plawangan Senaru.

Plawangan Senaru adalah lokasi yang tepat untuk menyaksikan kemegahan alam Rinjani yang sesungguhnya. Dari dataran di ketinggian 2.641 meter ini bakal nampak Danau Segara Anak, Gunung Baru, Puncak Rinjani berikut lereng gunung yang berbaris dengan anggunnya.

Pada saat sunset, suasana Plawangan Senaru pun terasa magis dan banyak dinanti. Awan yang terhampar dan bayangan segitiga mungil di garis horizon yang tak lain adalah Gunung Agung di Pulau Bali menciptakan pemandangan yang sulit didapatkan di tempat lain.

www.belantaraindonesia.org

Usai menyaksikan suguhan atraksi alam dari Plawangan Senaru, maka tiba waktunya untuk mengakhiri petualangan di Rinjani. Dari Plawangan, para pendaki biasanya mengarahkan perjalanannya ke arah ke Desa Senaru.

Berbeda dengan sebelumnya, perjalanan kali ini lebih menyenangkan. Ini terjadi lantaran suasana jalur pendakian yang lebih teduh karena masih banyaknya pepohonan di sepanjang jalur. Perjalanan selama 6 hingga 7 jam itu pun jadi terasa lebih ringan.

Di sekitar Desa Senaru sendiri terdapat beberapa obyek wisata alam yang banyak disinggahi oleh wisatawan Nusantara maupun mancanegara. Sebut saja air terjun Sendang Gila, air terjun Tiu Kelep serta obyek lain yang akan membuat pengalaman perjalanan ke kawasan Rinjani makin kaya dan berkesan.

Kemegahan dan segala kekayaan alam yang dimiliki Rinjani mungkin hanyalah salah satu bukti nyata akan betapa eloknya alam Lombok. Yang membanggakan, kekayaan ini bahkan telah diakui dan diburu oleh banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia. Bagaimana dengan Anda?

No comments:

Post a Comment